Cara Mengganti RAM di PC/ Komputer

Source


1. Buka casing pada PC Anda. Saya rasa ini cukup mudah, Anda tinggal melepas baut yang terpasang, kemudian buka penutup casing.

PanduanStep-by-StepCaraUpgradeMemoryRAMKomputerLaptop6.jpg

2. Melepas RAM yang lama dari motherboard. Kamu bisa mengambilnya dengan tangan kosong (dalam artian tidak menggunakan alat apapun). Yang harus diperhatikan adalah, dua pengait yang terletak di ujung-ujung slot RAM-nya. Anda buka terlebih dahulu pengait tersebut, lalu cabut RAM dari slotnya.

PanduanStep-by-StepCaraUpgradeMemoryRAMKomputerLaptop5.jpg

Atau jika tersedia dua slot RAM pada motherboard, dan
sebelumnya hanya terpasang di satu slot saja, kamu bisa meng-upgrade
Memory tanpa melepas yang lama, tetapi tinggal pasang saja yang baru.

3. Memasang RAM baru ke motherboard. Saat memasangnya, perhatikan kaki-kaki pin Memory sudah pas dengan lubang slotnya. Jangan sampai terbalik. Jika sudah pas, kamu tekan agak kuat, tapi jangan terlalu kuat sampai dua pengait yang ada tertutup dengan sendirinya.

PanduanStep-by-StepCaraUpgradeMemoryRAMKomputerLaptop4.jpg

4. Setelah itu tutup lagi casing PC.

PanduanStep-by-StepCaraUpgradeMemoryRAMKomputerLaptop3.jpg

5. Nyalakan komputer Anda. Jika komputer tidak mau booting, atau ada sedikit masalah, jangan panik! Mungkin RAM yang Anda pasang belum terpasang dengan benar. Pastikan lagi RAM tersebut sudah terpasang dengan kencang.

6. Cek hasilnya. Kemudian masuk ke bagian computer properties. Caranya klik start, di bagian computer klik kanan pilih properties. Lihat, apakah RAM kamu sudah bertambah. Jika sudah, berarti Anda telah sukses meng-upgrade RAM Anda